Joseph Gordon-Levitt kini gak harus galau lagi karena cewek seperti di (500) Days of Summer, imbasnya malah galau gara-gara kena kanker. Adam, cuma laki-laki biasa yang tinggal serumah dengan pacarnya dan punya keluarga juga teman. Sampai suatu saat dia didiagnosa kena kanker setelah mengeluh beberapakali punggungnya sakit.

Film ini memang tentang kanker, dan sulitnya menjalani kehidupan. Tapi ga dramatis dan ga semenyedihkan yang seperti My Sister’s Keeper misalnya, mungkin lebih mirip film Sunshine Cleaning mungkin (walaupun film ini bukan tentang kanker). Adam tinggal serumah dengan sang kekasih, Rachel (Bryce Dallas Howard) yang dibenci oleh sahabat karibnya Kyle (Seth Rogen). Rachel sendiri adalah cewek yang rumit, sering dicaci oleh Kyle tapi Adam selalu memakluminya.  Juga memiliki Ibu yang sangat perhatian tapi Adam menganggapnya suatu “gangguan”, serta Ayah yang sudah pikun.

Adam harus sering ke rumah sakit, resign dari pekerjaannya dan bertemu dengan psikiater yang kurang berpengalaman, Katherine (Anna Kendrick). Katherine yang kurang pengalaman berusaha membuat Adam lebih baik, walaupun justru Adam yang harus mengajarkannya bagaimana bersikap yang “pas”. Kehidupan Adam sebagai penderita kanker memang gak mudah, tapi banyak hal-hal baru yang dia rasakan. Bagaimana hubungan antara dia dan Ibunya, sahabatnya yang “selengean”, teman-teman sependeritaannya yang lebih tua, dan hubungan-hubungannya dengan yang lain.

Film yang manis, dengan porsi yang pas. Ga perlu mendramatisir untuk menyampaikan kegetiran dalam hidup, tapi justru tetep cukup menguras air mata. Film ini mengajarkan bagaimana menghadapi sesuatu yang pahit tanpa harus berkoar-koar tentang penderitaan yang kita alami kemana-mana, dan betapa banyak cinta dari orang-orang terdekat namun dalam bentuk yang berbeda dan tak mudah dicerna.

One of the nicest movies about cancer.